Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Pita Ticker

Aset crypto yang layak menjadi investasi jangka panjang


    Sumber: freepik




Tentu kalian sudah tak asing lagi dengan mata uang kripto atau crypto currency. Yang dua tahun belakangan ini sedang naik daun di negara kita.

Lalu apa sih mata uang kripto itu? Mata uang kripto atau crypto currency adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. 

Nantinya semua data transaksi crypto yang dilakukan akan tercatat pada jaringan Block yang di sebut dengan blockchain,
Blockchain itu sendiri seperti buku besar yang mencatat semua trasaksi crypto, mulai dari waktu trasaksi sampai jumlah transaksi yang di lakukan, semua tercatat dan bersifat publik yang artinya siapa saja dapat melihat data tersebut. Meskipun bersifat publik jaringan blockchain hanya mencatat address wallet, jumlah transaksi, dan juga beberapa detail kode kriptografi, yang artinya kerahasiaan tau anonimitasnya sangat tinggi.

Aset crypto yang layak menjadi investasi jangka panjang


1. Bitcoin 


   Sumber: freepik

Tentu kalian sudah sering dengar dengan mata uang kripto yang satu ini yaitu bitcoin, crypto yang di ciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 ini merupakan mata uang kripto pertama, yang mereformasi sistem keuangan menjadi digital aset. Dari awal kemunculan bitcoin harganya tidak kurang dari 1 dollar atau sekitar Rp 14rb higa saat ini mencapai lebih dari 380jt per satu bitcoin. 

Bitcoin sendiri memiliki market cap mencapai lebih dari Rp 7000T dan volume perdagangan mencapai Rp 400T. Ini menjadikan bitcoin sebagi crypto dengan peringat teratas berdasarkan maket cap dan volume transaksi. Bitcoin mencapai harga tertingginya atau all hight time nya pada november 2021 yang mencapai $60,000.

Bitcoin juga memiliki jumlah coin yang sangat terbatas yaitu 21 juta bitcoin. Ini juga merupakan alasan kenpa bitcoin bisa menjadi salah satu referensi investasi jangka pajang kalian.


2. Ethereum 


   Sumber: freepik

Mata uang crypto yang menempati posisi kedua adalah Ethereum, ethereum muncul pertama pada tahun 2013 yang di kembangkan oleh Vitalik Buterin. Harga awal kemunculan ethereum adalah $2,83 atau sekitar Rp 40rb an. Dengan adanya ekosistem Ethereum 2.0, jaringan ini yang menggunakan teknologi DeFi, akan menambah nilai ethereum.

Ethereum sendiri memiliki market cap lebih dari 2700T dengan volume  perdagangan mencapai 312T, ethereum mencapai harga tertingginya atau all high time pada November 2021, mencapai lebih dari 4.800 dolar AS atau sekitar 70jt lebih


3. Binance Coin


   Sumber: Shutterstock

Binance coin atau sering disebut BNB merupakan mata uang crypto selanjutnya, binance coin pertama kali muncul pada tahun 2017 ini merupakan salah salah satu aset crypto yang layak diperhitungkan keberadaanya.

Binance coin sendiri diterbitkan oleh Binance yang merupakan sebuah exchange terbesar di dunia, ini juga bisa menjadi salah satu alasan untuk mengoleksi aset kripto BNB ini.

BNB memiliki market cap lebih dari Rp 600T dengan volume perdagangan mencapai Rp 20T 


4. Cardano


     Sumber: freepik

Cardano adalah salah satu cryptocurrency yang layak menjadi salah satu investasi jangka panjang kalian, cardano muncul pada tahun 2015, yang menariknya cardano ini didirikan atau dirintis oleh salah satu pendiri Ethereum yaitu charles hoskinson. Kontrak pintar (smart contract) atau dapat di artikan juga sebagai rantai block yang di gunakan pada platform cardano menggunkan smart contract generasi ke-3. 

"Keungulan Cardano — dibandingkan dengan platform kontrak pintar lainnya (misalnya Ethereum) — termasuk skalabilitas Cardano dan fondasi akademis yang kuat. Ini adalah salah satu platform blockchain pertama yang berkembang dari filosofi ilmiah dan sangat didorong oleh penelitian, dan memiliki tim R&D global yang besar, yang secara eksklusif menangani penelitian untuk Cardano". Sumber: medium

Cardano sendiri memiliki market cap lebih dari Rp 230T dengan volume transaksi mencapai Rp 23T.

Itu dia beberapa cryptocurrency yang layak menjadi investasi jangka pajang kalian, beberapa cryptocurrency diatas dapat menjadi referensi kalian . Terimaksih sudah mampir.

Post a Comment for "Aset crypto yang layak menjadi investasi jangka panjang"